Mengenal Jenis Pecahan dan contohnya Dalam Matematika Dasar

Pecahan merupakan salah satu materi yang seringkali ditemukan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Materi ini pun juga seringkali muncul dalam soal yang diujikan baik ujian harian, ujian tengah semester, ujian semesteran, dan bahkan dalam ujian nasional. Dengan begitu, perlu kiranya kalian yang statusnya masih pelajar atau juga para orangtua yang memiliki anak masih sekolah untuk mengetahui materi tentang pecahan.
Kali ini, kami dari matematikadasar.info akan menyajikan informasi terkait dengan jenis pecahan yang akan disertai dengan masing-masing contohnya. Adapun jenis pecahan adalah pecahan desimal, pecahan biasa, pecahan campuran, persen, dan permil yang bisa disimak dibawah ini.

1. Pecahan desimal
Jenis pecahan pertama yang akan disampaikan disini adalah pecahan desimal. Yang perlu diketahui sebagai ciri dai pecahan desimal adalah bilangannya dipisahkan dengan koma. Contohnya adalah 2,8 atau juga 3,5.
Lalu, bagaimana cara membaca bilangan desimal?
Untuk membaca bilangan desimal, kalian bisa perhatikan beberapa contoh di bawah ini ya!
3,6 dibacanya adalah tiga koma enam
1,5 dibacanya adalah satu koma lima

2. Pecahan biasa
Sementara itu, untuk jenis pecahan yang akan disajikan berikutnya adalah pecahan biasa. Yang perlu diketahui dari pecahan ini sebagai cirinya adalah bahwa pecahan biasa terdri dari pembilangan dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang ada di sebelah atas, dan penyebut yang berada di sebelah bawah. Untuk lebih jelasnya perhatikan di bawah ini.
Mengenal Jenis Pecahan dan contohnya Dalam Matematika Dasar

Lalu bagaimana cara membaca bilangan pecahan biasa di atas? Pecahan biasa di atas dibacanya adalah dua pertiga.
Sebagai informasi tambahan, pecahan biasa yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan biasa tersebut bisa dirubah ke pecahan campuran. Jika lebih kecil pembilang dari penyebutnya, maka tidak bisa dirubah ke pecahan campuran.

3. Pecahan campuran
Selanjutnya, jenis pecahan yang ketiga adalah pecahan campuran. Yang perlu diketahui dari pecahan campuran ini adalah terdiri dari bilang bulat, pembilang dan penyebut. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan di bawah ini!
Mengenal Jenis Pecahan dan contohnya Dalam Matematika Dasar

Lalu, bagaimana cara membaca pecahan campuran di atas? Pecahan campuran di atas dibacanya adalah dua ‘tiga perlima’.
Sebagai tambahan informasi, bahwa pecahan campuran selalu bisa dirubah ke dalam bentuk pecahan biasa. Caranya adalah dengan bilangan bulatnya dikalikan penyebut dan kemudian ditambahkan dengan pembilangnya.

4. Persen
Untuk jenis pecahan yang ke empat adalah persen. Persen adalah perseratus. Misalnya, 20% sama dengan 20/100. Persen ini seringkali juga kita temukan di tempat belanjaan. Simbol persen adalah ‘%’. Contoh bilangannya adalah 25%. Dibacanya adalah dua puluh lima persen, 75% dibacanya adalah tujuh puluh lima persen.

5. Permil
Jenis pecahan terakhir yang akan kami sajikan adalah permil. Permil adalah pecahan perseribuan. Lambang bilangannya adalah ‘0/00’. Contohnya 250/00 dibaca dua puluh lima permil atau perseribuan. Materi tentang permil biasanya jarang muncul dan sedikit diajarkan. Namun, kiranya materi ini pun penting juga disampaikan disini.

Itulah kiranya materi pengetahuan tentang jenis pecahan dan contohnya yang bisa dijelaskan oleh kami. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!!!

Artikel Terkait

Mengenal Jenis Pecahan dan contohnya Dalam Matematika Dasar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email