Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat - Banyak cara yang bisa digunakan untuk menentukan atau mengerjakan soal yang berhubungan dengan FPB dan KPK. Misalnya saja, dengan cara faktor persekutuan, pohon faktor, petak sawah, dan bahkan dengan cara yang lebih mudah dan cepat.
Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan tentang Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat. Alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu beberapa cara untuk menentukan FPB dan KPK. Dimana, yang akan djelaskan pada artikel kali ini adalah menggunakan faktor persekutuan dan petak sawah. Yang kemudian dilanjutkan dengan Cara Mudah dan Cepat.

Contoh Soal :
1. Tentukan FPB dan KPK dari bilangan 24 dan 32!

Pembahasan :
Cara 1 – Faktor Persekutuan (FPB) dan Kelipatan Persekutuan (KPK)
FPB
Faktor dari 24 adalah {1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24}
Faktor dari 32 adalah {1, 2, 4, 8, 16, 32}
*Perhatikan yang diberi tanda merah
Bilangan-bilangan itu adalah faktor persekutuan dari 24 dan 32, yakni : 1, 2, 4, 8. Untuk menentukan mana FPBnya maka pilih yang angkanya paling besar yakni 8.
Jadi, FPB dari 24 dan 32 adalah 8.

KPK
Kelipatan 24 adalah {24, 48, 72, 96, 120, 144, 168, ...}
Kelipatan 32 adalah {32, 64, 96, 128, 160, 192, 224, ...}
*Perhatikan yang diberi tanda merah
Yang diberi tanda merah adalah kelipatan persekutuannya. Jika lebih dari satu, maka ambil kelipatan persekutuannya yang terkecil.
Jadi, KPK dari 24 dan 32 adalah 96.

Cara 2 – Petak Sawah
Perhatikan gambar di bawah ini!
Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat

FPB
Untuk menentukan FPB, perhatikan yang ditandai merah. Dimana, bilangan yang ditandai merah itu adalah bilangan prima yang bisa dibagi oleh kedua bilangan.
Sehingga, FPB dari 24 dan 32 adalah 2 x 2 x 2 atau 23 = 8.

KPK
Sementara untuk KPK, kalikan semua bilangan yang ada di sebelah kiri yakni 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 3 atau 25 x 3 = 96.

Cara 3 – Cara Mudah dan Cepat
Untuk cara yang ketiga ini, kami kutip dari laman Guraru.org, dimana caranya hampir mirip dengan petak sawah. Namun, perbedaannya kalau yang ini disatukaliguskan.

Perhatikan gambar di bawah ini!
Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat

Keterangan Gambar :
Langkah awal
Dua bilangan yakni 24 dan 32 dibagi dengan bilangan yang bisa membagi kedua bilangan itu, misalnya dibagi dengan 4 yang menghasilkan bilangan 6 dan juga 8. Karena bilangan 6 dan 8 masih bisa dibagi lagi, maka dibagi kembali dengan bilangan 2 sehingga menghasilkan bilangan yang paling sederhana yakni 3 dan 4 (kedua bilangan tak dapat dibagi lagi dengan bilangan prima yang sama).

Penyelesaian
Perhatikan gambar di bawah ini guna menentukan FPB dan KPK!
Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat

Apa maksud dari gambar di atas?
FPB = Hasil kali angka yang terletak di sebelah kiri.
Perhatikan kembali pada gambar di atas, dimana angka yang ada di sebelah kiri adalah 4 dan 2. Itu artinya bahwa FPBnya adalah 4 x 2 = 8

KPK = Hasil kali angka yang berada disebelah kiri dengan angka yang berada di bawah atau bisa langsung dengan cara hasil kali FPB dengan angka yang berada di bawah.
Angka yang berada di sebelah kiri adalah 4 dan 2, sementara angka yang berada di bawah adalah 3 dan 4. Itu artinya adalah bawah :
KPK = 4 x 2 x 3 x 4 = 96
atau
KPK = FPB x Bawah
KPK = 8 x (3 × 4) = 8 x 12 = 96

Mudah-mudahan saja beberapa cara untuk mengerjakan atau menentukan FBP dan KPK di atas bisa dipahamai, khususnya tentang Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Cara Mengerjakan FPB dan KPK Dengan Mudah dan Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email