FPB dari 24 dan 36 adalah

FPB dari 24 dan 36 adalah : Dalam Matematika, FPB merupakan kependekkan dari Faktor Persekutuan Terbesar. Materi tentang FPB diajarkan sejak di Sekolah Dasar. Materi tentang FPB juga seringkali dijadikan sebagai indikator dalam Ujian Nasional (UN) atau Ujian Sekolah/ Madrasah (US/M) pada jenjang SD.

FPB dari 24 dan 36 adalah … ?
FPB dari 24 dan 36 adalah

Sebenarnya, banyak cara untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan FPB, yakni dengan menggunakan faktor persekutuan, pohon faktor, dan dengan mengggunakan tabel atau petak sawah.
Biasanya, penyajian soal yang berhubungan dengan FPB disajikan dalam bentuk soal biasa seperti FPB dari 24 dan 36 adalah … atau juga dalam bentuk soal cerita.

Nah, karena FPB biasanya selalu bersandingan dengan KPK. Maka, untuk membedakan apakah dalam soal cerita tersebut pengerjaannya menggunakan FPB atau KPK. Kita harus terlebih dahulu mengetahui ciri-cirinya soal cerita yang dikerjakan dengan menggunakan FPB.

Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut.
Memuat pertanyaan berapa jumlah atau banyaknya. Atau bisa dikatakan yang berhubungan dengan jumlah atau banyak.

Nah, setelah kalian mengetahui apa itu FPB dan bagaimana cirinya dalam soal cerita. Kita sekarang lanjutkan pada tujuan pada artikel ini yakni untuk mengetahui jawaban FPB dari 24 dan 36 adalah …

Untuk menjawabnya, kita gunakan yang mudah saja yakni dengan Faktor Persekutuan. Adapun, jika kalian ingin mencarinya dengan cara lain. Kalian bisa pelajari : Cara Mengerjakan soal FPB dan KPK plus Soal Ceritanya dan Cara Mengerjakan Soal FPB dan KPK dengan Cepat.

Faktor Persekutuan :
Faktor dari 24 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24
Faktor dari 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Faktor persekutuan dari 24 dan 36  adalah 1, 2, 3, 4, 6 dan 12.
Untuk menentukan FPB, ambil faktor persekutuan yang terbesar. Dari bilangan di atas, faktor persekutuan yang paling besarnya adalah 12.

Kesimpulannya : FPB dari 24 dan 36  adalah 12

Artikel Terkait

FPB dari 24 dan 36 adalah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email